Beranda » Artikel Diving » Apakah Calon Penyelam Harus Bisa Berenang? 

Apakah Calon Penyelam Harus Bisa Berenang? 

Secara teknis, tidak ada. Sertifikasi diving memang membutuhkan penilaian keterampilan air, tapi program entry level atau pemula sering kali tidak perlu. Namun, apakah calon penyelam harus bisa berenang masih menjadi bahan perdebatan.

Beberapa program scuba diving tidak membutuhkan tes berenang. 
Program scuba diving pemula, seperti program PADI Discover Scuba Diving, tidak memerlukan peserta untuk lulus tes berenang. Program semacam ini menawarkan kesempatan untuk mencoba menyelam di kolam renang atau di dalam air terbuka dangkal dalam kelompok kecil.

Mereka membutuhkan latihan keterampilan minimal dan peserta harus bergantung pada instruktur untuk membantu supaya tidak terjadi masalah. Program dalam kelompok yang sangat kecil, yang dirancang dengan baik, dan instruktur terlatih meminimalkan risiko yang terlibat dalam program ini, dan mereka umumnya merupakan cara yang sangat baik dan aman untuk mencoba menyelam dan untuk mengetahui apakah diving merupakan kegiatan yang ingin dilakukan. 

Scuba diving sertifikasi tidak memerlukan tes berenang. Pada kursus PADI Open Water Diver, calon penyelam diwajibkan untuk:

  • Berenang 200 meter tanpa berenang bantu, atau 300 meter dengan berenang dengan alat bantu seperti fins, masker dan snorkel.
  • mengambang tanpa bantuan perangkat pengapungan selama sepuluh menit.

Untuk calon penyelam dengan cacat fisik, organisasi pelatihan yang memungkinkan penggunaan teknik adaptif untuk mematuhi standar pelatihan uji berenang.

Apakah saya perlu penjadi perenang handal untuk menyelam? 
Berpartisipasi dalam tim renang sekolah bukan merupakan prasyarat untuk sertifikasi diving. Pada sertifikasi diving, tes berenang tidak waktunya, dan peserta dapat menggunakan gaya renang apa pun yang mereka inginkan untuk lulus tes – bahkan yang konyol sekalipun

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s