Beranda » Artikel Diving » Penyelam Profesional Bali Desak Pemerintah Tertibkan Tenaga Kerja Asing 

Penyelam Profesional Bali Desak Pemerintah Tertibkan Tenaga Kerja Asing 

Terbukanya kran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ditambah Bebas Visa Kunjungan (BVK) berakibat pada melonjaknya kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) ke Indonesia. Celakanya tidak sedikit TKA yang mencari peruntungan di Tanah Air, termasuk Bali menyalahgunakan dokumen kunjungan dan melanggar aturan. Salah satunya terjadi disektor wisata bahari Pulau Dewata yang kini mengalami pertumbuhan signifikan.


Humas Perkumpulan Penyelam Profesional Bali (P3B), Herry Setyo Budi kepada wartawan, di Sanur, Rabu (22/2/2017) mengakui saat ini banyak TKA yang berkecimpung disektor wisata bahari, khususnya sebagai pemandu bawah air. Padahal dari aturan, TKA yang datang ke Indonesia hanya diperbolehkan menempati posisi manajerial, bukan sebagai tenaga penyelam.

“Jadi sanksinya itu deportasi. Jadi mereka itu berkewajiban untuk mentransfer ilmunya pada orang-orang lokal. Jadi mereka dilarang untuk menghandle tamu secara langsung. Mereka diperbolehkan mengajar, mendidik orang lokal kita yang akan terjun didunia diving. Tetapi tidak secara langsung nyari duit disitu itu,” ungkapnya. 

Kepala Bidang Industri pada Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Ni Ketut Nuriyani pada kesempatan yang sama mengakui, telah berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali.

“Melalu ranah hukum, melalui ketentuan hukum yang sudah kita laksanakan, kita tetap melakukan penertiban dan penindakan dalam hal juga pengawasan terhadap pekerja asing yang melanggar aturan,” katanya. 

Ni Ketut Nuriyani tak memungkiri beberapa TKA di Bali sudah bekerja sesuai prosedur. Prosedur yang dimaksud dari sisi admistrasi keimigrasian, ijin bekerja dan mengantongi sertivikat kompetensi. (KBRN) 

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s