Buku Dive Log, Seberapa Penting?

Sertifikasi diving yang kita peroleh dari kursus menandakan bahwa kita adalah seorang penyelam scuba yang berkualifiaksi. Hal ini semacam diploma, yang menunjukkan bahwa kita sudah menyelesaikan suatu pendidikan. Tapi jika suatu saat kita diwawancara untuk suatu pekerjaan, calon atasan kita mungkin mau melihat apa saja yang telah kita lakukan selama pendidikan berlangsung, semacam resume yang berisi daftar pengalaman kita sejak menerima diploma. Dalam dunia penyelaman, resume kita adalah buku dive log kita.

Buku dive log menunjukkan seberapa sering kita melakukan penyelaman, jenis penyelaman yang telah kita lakukan, lingkungan penyelaman yang telah diselami dan banyak informasi lainnya. Buku dive log adalah dokumen bukti penyelaman yang sering kali diminta oleh Divemaster atau Instruktur saat kita akan menyelam di resort atau di kapal maupun saat kita mau melanjutkan pelatihan selam kita. Buku dive log juga membantu kita menilai atau mengevaluasi bagaimana pengalaman kita berkontribusi pada kempuan kita menyelam dan peluang penyelaman yang terbuka buat kita.Tentu saja kita dapat melihat kembali seberapa jauh kisah penyelaman yang telah kita lewati, juga sebagai bahan cerita tentang apa saja yang kita lihat dan alami.

Kita perlu tetap memiliki, mencatat dan memelihara buku dive log kita. Kenapa? Karena buku dive log mencatat semua pengalaman kita saat menyelam, berguna juga untuk mendokumentasikan sejarah kita sebagai penyelam serta mencatat detail spesifik  tentang situs penyelaman untuk bisa digunakan sebagai referensi di masa mendatang.

Buatlah kebiasaan yang baik untuk selalu mengisi buku dive log kita segera setelah penyelaman dan mintalah instruktur, divemaster atau buddy kita untuk menandatanganinya. Suatu saat anda akan memerlukannya.

Buku dive log biasanya berupa buku kecil dimana kita bisa mencatat tentang penyelaman kita. Di samping berupa buku, tersedia juga dive log secara online semacam Scuba Earth atau aplikasi yang dapat kita unduh di smartphone atau tablet. jadi kita tidak perlu khawatir jika buku log ketinggalan saat traveling, karena dta penyelaman ada di gadget atau tersedia secara onlime

Jadi, punya Buku dive itu itu penting? Tentu saja

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s