Mau Diving, Haruskah Bisa Berenang?

Mungkin ini pertanyaan klasik… malah sering diperdebatkan di media sosial. Ada yang menyatakan Ya tapi banyak juga yang menyatakan Tidak. Ada baiknya saya tuliskan pandangan pribadi saya tentang hal ini. Semoga berguna.

Explore Kubu Reef

Untuk sekedar diving atau mencoba merasakan bagaimana rasanya bernafas di bawah air, anda tidak perlu bisa berenang. Anda akan ditemani oleh Instruktur diving selama anda melakukan aktivitas ini. Kegiatan ini kita kenal sebagai Discover Scuba Diving (versi PADI) atau try diving atau introductory diving dan banyak lagi istilah lain yang keren-keren he he he

Tapi jika anda berniat untuk mendapatkan sertifikat diving, maka jawabannya  YA. Anda tidak perlu jago berenang seperti seorang atlet. Anda cukup memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dan itu sudah lebih dari cukup

Persyaratan Waterskills:
Sebelum menyelasaikan pelatihan PADI Open Water Diver, instruktur anda akan meminta Anda untuk menunjukkan kemampuan waterskill dasar yang meliputi :

  1. Berenang 200 metres/yards tanpa alat bantu (Mask, snorkel dan fin)  atau berenang 300 metres/yards dengan Mask, snorkel dan fin. Kemampuan ini tidak ada batas waktunya dan anda boleh menggunakan gaya renang yang anda inginkan.
  2. Mengapung air (survival float) selama 10 menit. Untuk kemampuan ini Anda dapat menggunakan metode yang anda inginkan.

Kenyamanan Anda di air akan sangat menentukan kesuksesan pelatihan diving yang Anda ikuti. Banyak anggapan bahwa untuk diving Anda tidak perlu bisa berenang. Ini adalah anggapan yang keliru. Selama pelatihan diving, Anda akan belajar bagiamana berenang secara mandiri di permukaan dan di bawah air, serta belajar tindakan – tindakan darurat yang harus dikuasai jika terjadi masalah selama penyelaman.

Selain itu, setelah Anda resmi menyandang sertifikat Open Water Diver, Anda bisa menyelam secara independen (mandiri) dengan buddy Anda sepanjang memenuhi kondisi tertentu misalnya pemahaman atau familiaritas terhadap lokasi penyelaman, kemampuan diving dan lain – lain. Jadi kemampuan dan kenyamanan anda di air merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang penyelam.

Jadi kalau mau diving, bagusnya bisa berenang apa tidak???

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s