PADI , SSI , NAUI atau … Apa Sih Bedanya ?

Ada banyak organisasi bagi para penyelam dan instruktur di dunia. Dan untuk sebagian besar , mereka memiliki satu tujuan yang sama , keamanan . Tapi mari kita lihat apa perbedaan antara beberapa organisasi diving terbesar di dunia.

NAUI (National Association of Underwater Instructors) adalah sebuah organisasi non-profit dan tertua dari tiga , didirikan pada tahun 1959 dengan kursus instruktur pertama pada tahun 1960 . Juga merupakan organisasi pertama yang memberikan pelatihan tentang Nitrox .

PADI (Professional Association of Diving Instructors) adalah  organisasi sertifikasi selam terbesar dan paling luas di dunia, berdiri sejak tahun 1966, dengan lebih dari 133.000 anggota di seluruh dunia .

SSI (Scuba Schools International).  Didirikan pada tahun 1970 , dan merupakan satu-satunya dari tiga yang merupakan organisasi berbasis ritel . Beberapa percaya bahwa ini menjamin kualitas yang lebih baik , karena mereka adalah 100 % bergantung pada pelanggan .

Apa perbedaan dalam pendidikan penyelam?

Perbedaan antara metode pelatihan antar organisasi yang berbeda adalah sangat kecil , terutama kalau kita melihat standar yang dibutuhkan oleh seorang instruktur dan murid penyelam . Tetapi ada beberapa perbedaan yang relevan dalam program pendidikan.  Misalnya SSI menawarkan pendidikan online gratis , serta menawarkan murid penyelam untuk hanya meminjamkan bahan bacaan mereka, bukan memaksa mereka untuk membeli . Sementara NAUI dan SSI memungkinkan kebebasan instruktur masing-masing untuk mengadakan kursus dan penentuan jadwalnya. PADI sangat peduli dengan mempertahankan standar yang tinggi melalui pengajaran standar . Mereka semua menawarkan pelatihan online, tidak hanya dengan bahan bacaan , tetapi juga video yang menyertainya untuk melengkapi pengalaman. Tetapi pengujian teoritis tidak dilakukan secara online, evaluasi dilakukan langsung oleh instruktur yang bersangkutan .Dive team

Mereka semua menawarkan program berbasis kinerja (Performance based). Jadi bahkan jika Anda tahu teori Anda dengan sempurna , itu tidak berarti apa-apa kecuali jika Anda menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan praktis untuk pergi bersama mereka .

Apa perbedaan Lainnya?

Sementara SSI dan PADI adalah anggota dari World RSTC (Dewan pelatihan scuba rekrasi dunia), NAUI tidak. Tetapi sebagai sebuah organisasi diving internasional yang bersifat non-profit , mereka sangat fokus pada menjaga keamanan tetap. SSI dan NAUI mempunyai jaringan cukup luas di seluruh dunia, PADI memiliki jangkauan terbesar di dunia , baik dari instruktur dan penyelam rekreasi .

Apapun perbedaan dari organisasi diving di atas, perbedaan terbesar dalam pendidikan menyelam akan anda temukan dari instruktur ke instruktur dan dive center-nya. Pengalaman, sikap dan bakat untuk mengajar dari instruktur dapat menjadi perbedaan antara belajar dengan baik atau tidak. Jadi untuk memastikan anda mendapatkan pengalaman belajar yang terbaik , jangan  hanya menentukan dari organisasi divingnya, cari informasi lebih banyak ke dive center dan instruktur. Referensi dari teman juga akan sangat membantu. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s