Tips Perawatan Peralatan Diving

Apakah kegiatan menyelam hanya sebagai selingan saja ataukah sudah menjadi rutinitas, Anda tahu bahwa menyelam adalah kegiatan yang intensif pada peralatan. Kita sangat tergantung dengan konsisi peralatan diving yang kita gunakan.

Untuk melindungi peralatan selam (dan diri diri sendiri  tentunya, mengingat bahwa peralatan scuba sangat mendukung kegiatan kita dalam menyelam) sangat penting untuk merawatnya dengan benar. Sebagian besar peralatan selam telah dilengkapi dengan manual instruksional yang direkomendasi oleh produsen dalam perawatan dan pemeliharaan peralatan, tapi di sini adalah beberapa saran umum untuk membantu menjaga peralatan selam tetapa dalam kondisi terbaik:

  • Satu hal yang baik tentang peralatan selam adalah bahwa mereka tahan air, Anda bisa mencucinya. Bahkan, semua peralatan selam harus dibilas dengan bersih dengan air tawar setelah setiap kali menyelam. Kemudian, harus dikeringkan sebelum menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering, serta tidak terkena sinar matahari secara langsung. 
  • Ingatlah untuk mengeringkan dan pasang kembali dust cap (penutup debu) regulator sebelum membilas regulator untuk menghindari air masuk first stage (tahap pertama). Idealnya, bilas regulator sementara itu masih melekat ke tangki scuba dan ditekan. Dengan begitu air tidak akan masuk sama sekali.
  • Gunakan klip dan kaitan lain untuk menahan semua selang dan alat pengukur agar dekat dengan tubuh Anda saat scuba diving. Hal ini mencegah mereka dari terseret saat melintasi bebatuan tajam atau karang. Hal ini juga membuat mereka atau mendapatkan tersangkut atau kotor.
  • Menangani scuba tank dengan hati-hati. Mereka berat dan Anda tidak harus meninggalkan mereka berdiri tanpa pengawasan – mereka bisa jatuh dan merusak katup atau kaki di dekatnya.
  • Bilaslah bagian dalam dan luar BCD dengan nair tawar. Setelah itu, pastikan mengeluarkan airnya, kemudian selalu menyimpan BCD dalam keadaan terisi udara setengah penuh.
  • Priksa secara teratur untuk melihat tanda-tanda keausan dan rusak: tali masker (mask strap), tali fin (fin strap), snorkel, dan mouthpiece regulator dan selang regulator. Sinar matahari, peregangan dan gigi dapat merusak barang tersebut sehingga ungkin perlu mengganti lebih cepat dari yang diharapkan.
  • Setelah membilas wetsuit Anda, gantung sampai kering dengan bagian dalam di luar (inside out) pada gantungan yang lebar.
  • Pertimbangkan menyelesaikan kursus spesialisi peralatan PADI  (PADI Equipment Specialist) untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara merawat peralatan selam.

Rawatlah peralatan diving Anda dengan baik…

(Sumber)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s