Tips Penyelaman Malam (Night Dive)

See a whole new world - scuba dive at night

Apakah Anda pernah berjalan di sekitar halaman belakang Anda dengan senter dalam gelap? Apa yang anda lihat? Apa yang Anda rasakan? Hal ini hampir sama jika kita  melakukan penyelaman atau Scuba diving di malam. Tiba-tiba dunia yang kita kenal menjadi tampak berbeda ketika kita melihat seluruh makhluk “yang baru” yang diungkapkan oleh cahaya dari senter selam kita.

Walaupun mungkin tampak sedikit menakutkan pada awal, terlepas dari lingkungan yang kenal, menyelam malam juga menantang dan cara yang bagus untuk melihat dunia bawah laut dalam cahaya yang baru. Gunakan tips-tips beikut inisaat Anda melakukan penyelaman malam terutama untuk beberapa log awal dari penyelaman malam Anda dan lihat apakah tempat penyelaman favorit Anda tidak berubah menjadi setelah matahari terbenam.

  • Praktek di kolam renang. Hal ini tidaklah sekonyol yang kita bayangkan, tetapi jika Anda memiliki akses ke kolam renang dalam ruangan di mana Anda dapat mematikan lampu, atau kolam renang luar ruangan setelah gelap, menjelajahi kolam renag dengan cahaya senter akan membantu mempersiapkan Anda untuk menyelam malam perairan terbuka. Sebenarnya, Anda akan menemukan hal – hal menyenangkan jika melakukan hal ini, bahkan setelah Anda memiliki banyak pengalaman dengan penyelaman malam perairan terbuka.
  • Pilih tempat penyelaman yang telah Anda selami sebelumnya. Ketika Anda tahu apa yang tampak di siang hari, Anda akan tahu apa yang diharapkan setelah gelap. Plus Anda akan menghargai betapa menyelam di malam hari mengungkapkan seluruh dunia baru bahkan pada karang atau kapal karam yang telah kita kenal.
  • Mulailah saat senja. Hal ini akan memudahkan untuk menpersiapkan peralatan scuba dan mulailah penyelaman saat masih ada sinar matahari. Jadi saat malam tiba kita sedang di bawah air, Kita akan secara bertahap menjadi terbiasa dengan kegelapan di seluruh menyelam. Kita akan melihat banyak penghuni bawah air yang menunjukkan perilaku yang unik pada waktu senja, tidur untuk malam atau memposisikan diri untuk makan malam yang sukses.
  • Start your night scuba dive at twilightRencanakan penyelaman yang dangkal dan dalam waktu yang singkat. Biasanya penyelam menggunakan lebih banyak udara pada penyelaman malam sehingga tabung scuba tidak dapat digunakan sebagaimana menggunakannya di siang hari. Untuk menyelam lebih lama, jangan terlalu jauh dari dari titik masuk atau perahu selama menyelam, berenang secara perlahan dan mencakup area yang lebih kecil saat melihat – lihat setiap tempat penyelam “yang baru” dalam cahaya senter.
  • Jangan lupa navigasi. Navigasi harusnya mudah dilakukan saat kita menyelam tidak terlalu jauh, tapi banyak dari petunjuk visual yang biasa kita gunakan akan “hilang” dalam gelap. Gunakan lampu di pantai, tandai garis jangkar perahu dan temukan atau buat alat bantu lain untuk navigasi yang mudah untuk lihat.
  • Perhatikan hal-hal kecil, dan lihat yang besar. Banyak makhluk kecil yang terlewatkan pada penyelaman di siang hari akan menonjol pada malam hari.  Ketika perhatian kita fokus pada sejauh cahaya senter yang terbatas. Beberapa penghuni bawah air bersembunyi pada siang hari dan hanya dapat dilihat pada malam hari. Tapi, pastikan sinar senter cukup terang, sehingga sesekali kita bisa melihat ikan pari lewat, kerapu yang penasaran atau ikan besar lainnya berenang.
  • Kendalikan imajinasi dan lihatlah sejauh cahaya lampu. Kita masih dapat melihat banyak hal walau area yang tercover tidaklah begitu luas. Jika Anda menyelam dengan kelompok, kedipan dari lampu penyelam lain secara tidak langsung akan menerangi tempat menyelam. Di beberapa daerah, umumnya terdapat plankton yang berpendar – hanya melambaikan tangan di air dan Anda akan melihat jejak yang berkilau. Dalam air yang jernih, petir dan cahaya alami lainnya dari langit serta lampu buatan manusia di pantai bisa terlihat dari bawah air, jadi kita lihat ke atas. Dalam air jernih dengan bulan purnama, biasanya kita bisa menyelam dengan lampu dimatikan (light off)
  • Bawalah dua senter selam, primer dan cadangan yang lebih kecil. Salah satu aturan penting akan Anda pelajari dalam kursus khusus Penyelaman Malam (Night Diver Specialty) adalah bahwa setiap penyelam membutuhkan senter selam. Jadi jika senter selam hanya Anda mati, Penyelaman sudah selesai. Tetapi jika ada sebuah senter selam sekunder akan dapat membantu anda kembali ke titik masuk atau ke perahu.
  • Untuk pengalaman yang benar-benar unik, pertimbangkan menyelam malam sebelum fajar dan menonton bangunnya dunia bawah laut. Penyelaman dini hari bisa sama menarik seperti senja dan ketika Anda naik ke permukaan, matahari muncul di ufuk timur. Tidak ada cara yang lebih baik untuk memulai hari. (Sumber)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s