Terumbu Karang Indonesia Hampir 70 Persen Rusak

Image

LAUT Indonesia menyimpan terumbu karang nan indah dan menunggu untuk dijelalahi. Keindahan itu kini terancam. Sebagai negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari laut dan samudra, terumbu karang merupakan ekosistem khas Indonesia. Sayang, keberadaan terumbu karang di perairan Indonesia terancam punah.

Data tahun 2011 yang dihimpun dari 1.076 stasiun pengamatan milik Pusat Penelitian Oseanografi LIPI menunjukkan, hanya 5,48  persen terumbu karang Indonesia yang tergolong sangat baik dan 26,95 persen kondisinya baik. Bisa disimpulkan, hanya sekira 33 persen terumbu karang Indonesia yang tergolong ”sehat”. Sisanya, sebanyak 36,90 persen, dengan kondisi cukup baik, sedangkan 30,76 persen kondisinya kurang baik. Sayang sekali, padahal terumbu karang, ikan karang, dan biota lainnya, seperti udang, teripang, dan kerang-kerangan selama ini banyak dimanfaatkan nelayan sebagai sumber mata pencaharian.

Menurut Dr. Ir. Zainal Arifin, M.Sc, Kepala Pusat Penelitian (P2) Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), rusaknya terumbu karang Indonesia salah satunya karena nelayan masih menggunakan teknik – teknik penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan, seperti bubu, lampara dasar, kelong, gillnet, racun, dan bom. Akibatnya, kerusakan terumbu karang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Terumbu karang, secara ekologi, merupakan ekosistem yang berfungsi sebagai pelindung pantai, sumber perikanan, serta sumber nutrisi bagi biota yang hidup di dalamnya. Dari sisi ekonomi, ekosistem ini merupakan sumber mata pencaharian bagi nelayan, penghasil kapur, bahan bangunan, dan dapat menghasilkan devisa bagi pengusaha wisata bahari. Bagaimana jika tak bisa dinikmati hingga anak-cucu kita?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s