Ikan Sunfish Raksasa Terdampar di Pantai Inggris

Oceanic Sunfish Terdampar

Seekor ikan raksasa ditemukan nelayan terdampar di Pantai Norfolk, Inggris.  Bangkai ikan ditemukan tewas pada Minggu (9/12/2012) lalu. Menurut Masyarakat Marine Life Studi Inggris, ikan sunfish ini dapat tumbuh sampai 1 ton.

Ikan jenis ini tidak dapat dengan mudah mentolerir suhu air di bawah 12 derajat celcius. Apalagi kondisi Laut Utara saat ini jauh lebih dingin karena musim dingin.

Ikan sunfish genus Mola Mola tumbuh subur di air tropis dan sub-tropis. Makanan utama ikan raksasa ini adalah ubur-ubur. Karena massa tubuhnya rendah, sunfish perlu makan banyak sehingga terlihat di perairan.

Mereka juga memangsa crustacea dan cumi-cumi. Namun, berdasarkan aturan Eropa, manusia dilarang makan ikan ini karena bagian tubuh mereka diduga mengandung racun.

Jim Ellis, ahli biologi ikan di Pusat Lingkungan Hidup, Perikanan dan Budidaya Science di Lowestoft mengatakan bahwa ikan ini kemungkinan terbawa uap Teluk dan ketika berada di Laut Utara menjadi terlalu dingin. “Ini adalah pengamatan yang menarik dan tidak biasa. Kami benar-benar tahu bahwa sunfish sangat langka karena tak banyak mencarinya,” kata Ellis. (ard/bbc)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s