10 Lokasi Menyelam Paling Indah di Indonesia

Indonesia memiliki keindahan alam luar biasa yang terkenal ke seluruh penjuru dunia. Wilayah Indonesia terdiri dari 2/3 wilayah laut. Jadi, sangat banyak pantai dan tempat menyelam yang indah. Ini adalah 10 daftar tempat terbaik untuk memuaskan hobi menyelam Anda!
1. Pulau Komodo

Inilah pulau yang jadi buah bibir paling hangat di tahun 2011, terkait dengan tampilnya pulau ini sebagai “New 7 Wonder” Pulau Komodo yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara mempunyai lokasi diving yang paling di bagus di Indonesia Indonesia. Di sini terdapat ikan pelagis yang melimpah, terumbu karang dengan warna-warna yang mempesona. Dan Tak ketinggalan: pesona keanekaragaman hayati yang luar biasa.

2. Bunaken

Bunaken adalah lokasi diving terindah di Indonesia yang legendaris. Pulau Bunaken yang terletak tak jauh dari Manado, di Manado, Sulawesi Utara, adalah kawasan taman laut nasional Yang memiliki keanekaragaman hayati paling Ada 20 spot diving di sekitar Pulau Bunaken, namun hanya 12 titik yang paling sering dikunjungi oleh para diver dan pecinta wisata bawah laut.

3. Wakatobi

Ingat menyelam, ingat Wakatobi! Wakatobi adalah lokasi wajib bagi para pecinta diving yang terletak di Sulawesi Tenggara. Di Wakatobi terdapat 750 spesies koral dan biota laut dari 850 spesies yang telah ada di dunia. Wakatobi adalah singkatan atau akronim dari empat pulau besar yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

4. Tulamben

Keindahan Pulau Bali sudah terkenal di seluruh dunia. Tulamben adalah lokasi menyelam terindah di Indonesia yang ada di dekat pulau Bali. Tulamben menawarkan berbagai jenis biota laut, terumbu karang yang indah dan bangkai kapal US Liberty sisa-sisa Perang Dunia II.

5. Raja Ampat

Mutiara yang terpendam, begitulah orang yang pernah ke Raja Ampat bilang. Raja Ampat terletak di Provinsi Papua Barat Raja Ampat terdiri dari 1.500 pulau yang tersebar di barat laut Papua. Disini terdapat 1.500an jenis species ikan, 700an jenis moluska, 500an lebih jenis karang dengan luas wilayah 4,6 juta hektar.

6. Kepulauan Karimunjawa

Karimunjawa terletak di Laut Jawa dan masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara. Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau, hanya 5 pulau yang dihuni oleh penduduk. Terdapat 30 lokasi menyelam di Kepulauan Karimunjawa dengan terumbu karang yang indah dan biota laut seperti ikan damsel, ikan napoleon, dan lain-lain. Penyelam bisa menikmati keindahan alam bawah laut di sini pada kedalaman 5 sampai 40 meter, jarak pandang 5 hingga 25 meter. Kepulauan Karimunjawa menjadi tujuan wisata yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas akomodasi mulai dari homestay hingga resort mewah. Untuk menuju Kepulauan Karimunjawa, bisa melalaui Dermaga di Pantai Kartini atau dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Juga ada penerbangan dari Semarang ke Kepulauan ini.

7. Selat Lembeh

Selat Lembeh terletak di Sulawesi Utara. Meski hanya sebuah selat, namun Selat Lembeh memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Daya tarik Selat Lembeh adalah biota lautnya. Anda dapat menemukan frogfish, udang Harlequin, wonderpush, gurita, dan cumi-cumi

8. Pulau Bangka

Pulau Bangka terletak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Terdapat lebih dari 25 lokasi penyelaman dengan terumbu karang yang menakjubkan. Anda dapat menjumpai redtooth triggerfish, kakap biru bergaris, frogfish dan lainnya. Itulah kenapa Pulau Bangka menjadi tempat menyelam terindah di Indonesia karena memiliki kekayaan laut yang memukau.

9. Laut Banda

Di Laut Banda terdapat ikan cakalang. scorpionfish asli Ambon, lumba-lumba, ikan tuna, ikan napoleon (ikan kerang purba yang dilindungi) dan masih banyak lagi. Kepulauan Banda terletak dalam wilayah Provinsi Maluku memiliki lokasi-lokasi menyelam terindah di Indonesia. Sedikitnya ada 10 pulau yang masuk dalam Kepulauan Banda (termasuk Pulau Neira, Pulau Banda Besar dan Pulau Gunung Api) yang merupakan surganya para penyelam yang di sebut Laut Banda.

10. Alor

Terdapat 26 titik lokasi menyelam terindah berkelas dunia di sekitar Pulau Alor. Para penyelam akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Di sini anda dapat menemukan hiu karang abu-abu, ikan barakuda, berbagai jenis gurita, serta beragam jenis karang, anemon penghuni khas lautan. Alor sendiri adalah sebuah pulau kecil di bagian timur Nusa Tenggara.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s