Manta Menari

Hari ini 26 Juni 2012, kami mengunjungi pulau Nusa penida bersama satu rombongan dari Bandung, Jawa Barat. Tujuan penyelaman kali ini adalah melihat ikan Mola-mola dan ikan pari Manta. Perjalanan dimulai dari Pantai Semayang – Sanur dalam keadaan cuaca sedikit mendung. Penyelaman pertama kami lakukan di Crystal Bay, dengan tujuan melihat Mola-mola. Penyelaman sampai kedalaman maksimum 25 meter selama 45 menit, tanpa ada penampakan mola – mola

Kemudian kami pindah ke Manta Point. Kali ini kami berhasil melihat 5 ekor ikan pari Manta (Manta ray) besar banget. Mereka menari – nari di sekeliling kami. Eh pas mau ke tempat lebih dalam, brrrrr termocline menghadang, terpaksa deh ga jadi turun lebih dalam. penyelaman di sini kami lakukan selama 40 menit.

Penyelaman ke 3 kami putuskan mehyelamn di rumahnya Mola-mola ( katanya lho🙂 ) . Arus tidak terlalu kuat. Baru turun 1 menit, sudah disuguhkan dengan pemandangan Moray ell (belut moray), giginya lagi dibersihin sama cleaner shrimp…. Lanjut kami menyusuri tebing di kedalaman 20 meter. Namun sayang sang tidak mau menampakkan diri. Beberapa kali kami harus berpegangan pada karang mati, karena down current tiba – tiba muncul. Karena persediaan udara sudah menipis, akhinya kita putuskan naik dan melakukan safety stop. Syukurlah, rasa kecewa terobati dengan melihat 2 ekor ikan hiu tresher pada saat melakukan safety stop. yah mudah-mudahan kunjungan berikutnya, bisa bertemu sang mola.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s