Pertolongan Pertama pada Orang Tersedak

Tersedak mungkin terdengar sederhana,tapi akibatnya bisa sangat berbahaya. Tersedak adalah keadaan di mana  seseorang tidak mampu bernapas / berbicara karena tenggorokan terhalang total. Tersedak terjadi ketika ada makanan / benda kecil terjebak di tenggorokan & menghalagi aliran udara.

Benda yg menyumbat di dalam tenggorokan akan menutup aliran udara dan menyebabkan oksigen tidak sampai ke paru-paru & otak. Apa yg terjadi kalau otak kita tidak mendapatkan oksigen? Tanpa oksigen lebih dari 4 menit saja, otak akan mengalami kerusakan & mati

Ada yg tahu tanda universal orang tersedak itu gimana? Tanda universal tersedak adalah tangan mencengkeram ke tenggorokan. Kalau tidak ada tanda universal tersedak, cari tanda – tanda lain seperti : tidak mampu bicara, sulit bernafas / nafas berisik. Tanda – tanda lain seperti : kulit, bibir & kuku membiru, hilang kesadaran.

Apa yang bisa kita lakukan ketika menemui orang yg tersedak? Yang pertama, pastikan dulu kalau orang tersebut benar tersedak. Tanya ke orang tersebut: “Apakah Anda tersedak?” Kalau orang yang tersedak itu masih bisa jawab (bicara dgn kata – kata), jangan lakukan apa – apa! Org yg masih bisa bicara, batuk, nafas, nangis, ini berarti hambatannya sebagian (tersedak parsial). Jangan tepuk punggung orang yg tersedak parsial, karena ada risiko benda justru masuk lebih dalam dan terjadi sumbatan total.

Kalau orang yang tersedak tidak bisa menanggapi kita, segera teriak panggil bantuan & lakukan pertolongan pertama. Red cross menganjurkan “five-and-five” untuk pasien tersedak (back blows, abdominal thrust, & bergantian). Lima kali back blows (pukulan pada punggung atas diantara 2 tulang bahu) dgn tumit tangan (bagian bawah telapak tangan).

Kalau dengan lima kali back blows benda masih menyumbat tenggorokan, lanjutkan dengan lima kali abdominal thrust (Heimlich maneuver). Teknik ini dilakukan dengan cara berdiri di belakang orang yang tersedak, lingkarkan kedua tangan Anda dipinggangnya & bungkukkan orang tersebut ke depan. Kepalkan salah satu tangan Anda di atas pusar korban, genggam erat kepalan itu dengan tangan Anda yang lain. Tekan kuat-kuat tangan Anda pada perut korban dengan cepat ke atas (seolah – olah ingin mengangkatnya dari lantai).

Lakukan 5 kali backblows & 5 kali Heimlich maneuver secara bergantian. Teknik di atas dilakukan hanya untuk orang dewasa & anak>1th. Anak <1th dilakukan back blows & chest thrusts. Tapi ingat, kalau bayi yg tersedak masih bisa batuk & menangis, janganlakukan tindakan ini. Kalau bayi tidak mampu batuk & terlihat sesak napas, segera panggil bantuan & lakukan pertolongan pertama

Pertolongan pertama bayi <1th tersedak: 5 kali backblows. Kalau dengan 5x backblows benda yg menyumbat tenggorokan bayi tidak keluar, lakukan 5x chest thrusts. Letakkan 2 jari pada tengah – tengah tulang dada (kira – kira 1 jari di bawah puting), tekan ke dalam & ke atas (arah kepala). Kalau dengan teknik – teknik di atas sumbatan sudah berhasil dibebaskan, tapi korban masih belum bisa bernafas, segera lakukan CPR.

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s