Penyelaman dengan Enriched Air Nitrox (EANx)

Divers breathing underwater with Nitrox

Apa itu Enriched Air Nitrox?  Enriched Air Nitrox atau umum disebut sebagai Nitrox, atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Udara Diperkaya. Udara yang kita hirup saat bernafas mempunyai komposisi 79% gas nitrogen dan 21% gas oksigen (gas – gas lain jumlahnya sangat sangat kecil). Untuk metablisme tubuh, kita hanya memerlukan gas oksigen, Sedangkan gas nitrogen adalah gas inert secara fisiologis, yang artinya gas yang tidak digunakan tubuh untuk metabolisme, tetapi tetap berada di dalam tubuh kita. Gas nitrogen inilah yang membatasi waktu kita menyelam karena dia terserap di dalam tubuh dan dilepaskan secara perlahan. Enriched Air Nitrox (EANx) adalah udara yang diperkaya, dimana komposisi gas oksigen lebih besar dari pada 21%. Tujuannya adalah mengurangi persentase gas nitrogen, sehingga kita dapat menyelam lebih lama.

Dengan menggunakan udara diperkaya (Enriched air Nitrox) waktu interval penyelaman semakin pendek, dan anda akan dapat segera turun kembali dalam air dengan lebih cepat. Tidak heran banyak penyelam memilih kursus ini sebagai pilihan khusus pertama mereka.

Enriched Air Nitrox bukannya tanpa resiko. Anda perlu membatasi kedalaman penyelaman untuk menghidari terjadinya keracunan gas oksigen. Di samping itu Anda perlu menganalisa persentase oksigen secara akurat, menghitung kedalaman maksimum dan mengatur komputer selam dengan benar untuk terhindar dari masalah ini.

Kursus PADI Enriched Air Diver merupakan kursus diving khusus (specialty) yang paling populer. Scuba diving dengan udara diperkaya (atau Enriched Air Nitrox) memberi Anda waktu penyelaman non-dekompresi yang lebih banyak . Ini berarti lebih banyak waktu di bawah air, terutama pada penyelaman scuba berulang.

Dalam kursus ini  Anda kan belajar tentang teknik untuk mendapatkan waktu menyelam lebih lama dengan menggunakan diperkaya udara Nitrox; pengetahuan tentang pemilihan dan pemeliharaan alat diving; serta pengetahuan tentang udara diperkaya, termasuk mengelola paparan oksigen, bagaimana cara mengetahui apa yang ada di dalam tabung scuba dan bagaimana cara mengatur komputer selam Anda.

Untuk bisa mengikuti kursus ini, Anda harus memiliki sertifikat PADI Open Water Diver atau yang setara dan telah berumur 15 tahun (atau 12 tahun untuk sertifikasi Junior)

Anda tertarik untuk mengikuti pelatihan, hubungi kami untuk mendapatkan informasi lengkap

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s