Tips Penyelaman Dalam

Biasanya selama pelatihan PADI Open Water Diver, banyak siswa penyelam bertanya: bisakah saya menyelam lebih dalam? Tidak hanya satu atau dua orang, tapi sebagian besar mempunyai pertanyaan yang sama. Beberapa saat setelah seorang penyelam menyelesaikan pelatihan menyelam dasar (PADI Open Water Diver atau yang setingkat), penyelam biasanya memiliki keinginan untuk menyelam lebih dalam. Sebagai petualang, penyelam ingin pergi lebih dalam untuk menjelajahi kapal karam, mengambil foto atau hanya untuk melihat – lihat apa yang ada di kedalaman. Ada potensi bahaya yang lebih besar yang datang saat menyelam lebih dalam; dan belajar mengenali dan menangani risiko tersebut merupakan bagian dari apa yang dapat Anda pelajari dalam pelatihan khusus PADI Deep Diver.

Penyelaman dalam memiliki yang berbeda bagi setiap penyelam. Untuk beberapa penyelam, penyelaman dalam  adalah setiap menyelam lebih dalam dari 18 meter; beberapa penyelam lain menyatakan, penyelaman dalam adalah setiap penyelaman yang lebih dalam dari apa yang mereka lakukan di masa lalu. Apapun definisinya, penyelaman dalam membutuhkan perencanaan dan disiplin untuk dapat menikmati penyelaman yang fantastis secara aman.

Berikut adalah beberapa tips umum dan saran:

  • Periksa udara Anda dan pengukur kedalaman lebih sering daripada saat penyelaman dangkal. Anda akan menggunakan udara dari tabung scuba Anda lebih cepat di kedalaman dan Anda ingin memastikan bahwa Anda tidak melebihi batas kedalaman yang direncanakan.
  • Perhatikan diri Anda dan teman Anda untuk setiap tanda-tanda narkosis nitrogen.
  • Pertimbangkan membeli atau menyewa komputer selam (Dive computer) untuk membantu Anda tetap dalam batas penyelaman yang aman. Memiliki PADI ERDP-ML juga sangat membantu.
  • Anda mungkin perlu mengambil kursus specialty PADI Multilevel Diver.
  • Menyadari batas kemampuan Anda sendiri. Dapatkan pengalaman Anda secara bertahap dan pertimbangkan lima hal sebelum penyelaman dalam, yaitu: apa yang anda rasakan, apakah teman Anda berpengalaman menyelam dalam, lingkungan penyelaman yang sesuai, bantuan darurat yang cukup mudah dicapai dan pengaruh enyelaman sebelumnya. Menyelam di kedalaman 27 meter di air hangat jelas adalah tidak sama dengan menyelam 27 meter di dingin, air keruh dengan arus.
  • Gunakan lampu selam untuk menambahkan cahaya dan untuk mendapatkan warna yang sebenarnya, diaman warna hilang karena diserap oleh air di kedalaman.
  • Pertimbangkan adanya tabung cadangan, yang tergantung di kedalaman 5 meter untuk menyediakan udara ekstra selama safety stop atau dekompresi darurat.
  • Jika Anda menikmati penyelaman dalam dan ingin memperluas batas penyelaman dalam Anda, mungkin tec diving adalah untuk Anda

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s