Nitrogen Narcosis

Seperti kita ketahui bahwa udara yang kita hirup, mengandung dua komponen terbesar yaitu gas Nitrogen sebesar hampir 79%, gas oksigen sebesar 20,9%, dan sisanya adalah gas yang lain dalam persentase yang sangat sangat kecil. Gas nitrogen merupakan ‘gas inert’ atau gas yang secara fisiologis tidak digunakan oleh tubuh dalam proses metabolisme.

Gas nitrogen tidak memiliki efek khusus langsung saat kita berada di permukaan, tetapi akan berubah ketika Anda bernapas di bawah tekanan. Di bawah air, pada kedalaman mendekati 30 metres, nitrogen memiliki efek yang memabukkan dan makin intensif jika kita pergi lebih dalam. Seorang penyelam yang terkena nitrogen narkosis berperilaku seperti yang mungkin Anda lihat pada seseorang yang sedang mabuk. Efek Narkosis Nitrogen meliputi  merusak keputusan dan koodinasi penyelam, dan dapat menciptakan rasa aman yang palsu, menyebabkan kita mengabaikan keselamatan dan perilaku bodoh lainnya. Narkosis nitrogen dapat membuat penyelam merasa cemas atau tidak nyaman, yang dapat menyebabkan kepanikan atau keputusan yang buruk lainnya.

Narkosis nitrogen akan mempengaruhi penyelam secara berbeda, dan mempengaruhi penyelam yang sama secara berbeda pada waktu nyang berbeda. Efeknya nitrogen narkosis akan meningkat jika kita menggunakan beberapa obat ataupun minum alkohol. Nitrogen narkosis dapat juga mempengaruhi penyelam di kedalaman lebih dangkal dari yang seharusnya. Jadi,  jangan minum alkohol atau menggunakan obat-obatan sebelum kita menyelam.

Pengaruh Narkosis nitrogen berkurang ketika kita mencapai perairan dangkal. Setelah kita berdiam di sana beberapa saat (lakukan seperti melakukan safety stop atau waktunya lebih lama), efeknya akan hilang seluruhnya, tanpa ada yang tersisa. Jika kita mulai merasa mabuk, tidak terkoordinasi atau bingung, segera naik ke kedalaman dangkal untuk meringankan narkosis tersebut. Ini biasanya hilang dengan cepat.

Jika teman kita terkena nitrogen narkosis, kita dapat membantunya dengan cara membawa ke air yang dangkal. Untuk mencegah mendapatkan narkosis nitrogen, caranya sangat sederhana yaitu hindari penyelaman dalam. Jika anda ingin melakukan penyelaman dalam ada baiknya Anda mengambil pelatihan PADI Advanced Open Water Diver dan atau PADI Deep Diver. Jadi anda mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk melakukan penyelaman dalam. Tentu saja di bawah pengawasan langsung dari Instruktur PADI anda.

Terkena Nitrogen Narcosis?? Siapa takut…..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s