Tetap Sehat Selama Berlibur

Berkelana menjelajahi tempat-tempat baru atau icip-icip makanan baru saat berwisata memang menyenangkan. Tapi hal ini, membutuhkan energi ekstra bagi tubuh Anda. Saking asyiknya, seringkali Anda tidak merasakan lelah karena perasaan senang. Hati-hati, karena pada saat inilah tubuh Anda bisa rentan jatuh sakit.

Belum lagi kalau ternyata perut Anda tidak cocok dengan jenis makanan tertentu. Pasti Anda tidak ingin wisata Anda kacau karena sakit, bukan? Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Olahraga Kecil
Olahraga tentu saja harus tetap Anda lakukan walaupun sedang berwisata. Jika Anda harus menempuh penerbangan jauh, cobalah untuk berjalan-jalan santai di sepanjang lorong pesawat untuk peregangan tubuh setiap 1 jam. Begitu pula jika Anda naik kereta api dalam waktu lama. Manfaatkan pula fasilitas gym, jika disediakan oleh hotel tempat Anda menginap.

Istirahat
Pastikan jadwal wisata Anda berimbang. Jika hari pertama Anda seharian di luar dan banyak aktivitas gerak, maka hari berikutnya istirahatkan tubuh Anda. Pilih aktivitas yang bersifat santai seperti memanjakan tubuh di spa atau menonton pertunjukan wayang. Jangan begadang karena Anda perlu tidur cukup untuk aktivitas keesokan harinya.

Makanan Higienis
Cari tempat makan yang higienis. Walaupun Anda ingin berpetualang cicip-cicip makanan, tapi tetap pastikan tempat makan yang Anda tuju bersih dan terjamin higienitasnya. Jangan sampai sepanjang perjalanan Anda menahan sakit perut. Jangan lupa mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Bawa selalu sabun antiseptik yang berbentuk jel dan tidak perlu dibilas. Karena akan berguna apabila Anda ingin makan cemilan pakai tangan atau jika kesulitan menemukan tempat untuk mencuci tangan.

Alergi
Jika Anda memiliki alergi tertentu, pastikan teman seperjalanan Anda mengetahuinya. Sehingga teman seperjalanan Anda pun dapat ikut membantu Anda menjauhi hal-hal yang memicu alergi Anda. Jelaskan pula cara pertolongan pertama jika sewaktu-waktu reaksi alergi muncul. Lakukan hal serupa jika Anda memiliki penyakit tertentu.

Obat
Selalu bawa obat-obat yang biasa Anda pakai. Walaupun Anda tidak mengidap penyakit tertentu yang memerlukan obah khusus. Tetap bawa obat-obat generik seperti obat sakit kepala, obat flu, obat diare, obat anti mabuk, sampai balsem. Jadi sewaktu-waktu Anda sakit, Anda sudah siap sedia. Tidak perlu lagi repot-repot mencari apotek atau warung. Apalagi kalau Anda berlibur ke luar negeri, belum tentu obat yang dijual cocok untuk Anda.

Sinar Matahari
Rajin-rajinlah memakai sun block dengan SPF 25.  Apalagi jika Anda berwisata ke pantai atau berjalan-jalan di daerah yang sedang terik matahari. Oleskan di muka dan tubuh Anda setiap 30-60 menit sekali. Gunakan kembali jika kulit terbilas air.

Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s