Tips saat Diving Trip

Bali Diving at Menjangan Island

Penjalanan diving bagi seorang diver pastilah selalu ditunggu – tunggu. Apalagi perjalanan diving yang dituju adalah tempat diving favorit, terkenal, yang indah dan yang pasti menyenangkan.

Berikut ini beberapa tips yang mungkan dapat membantu selama melakukan perjalanan diving:

  • Bawalah peralatan diving pribadi selengkap mungkin. Dengan peralatan pribadi anda akan semakin nyaman selama diving. Jika anda memutuskan untuk menyewa di tempat penyelaman, pastikan alat yang anda perlukan tersedia dan sesuai dengan ukuran yang anda gunakan.
  • Lakukan perencanaan penyelaman dengan pemandu selam atau dive guide anda. Pastikan rencana yang dibuat sesuai dengan kemampuan dan pengalaman anda, yang pasti harus aman.
  • Luangkan waktu untuk istirahat di antara penyelaman. Atur kegiatan supaya anda tidak kelelahan.
  • Aturlah pola makan anda. Pilihlah makanan yang bisa menggantikan energi yang anda gunakan untuk diving. Hindari makanan yang dapat mengganggi kegiatan diving seperti makanan yang menghasilkan gas.
  • Minumlah air putih sebanyak mungkin. Hal ini mungkin menyebabkan anda sering kencing (bahkan kencing di dalam wetsuit huft??) Tapi itu ga apa – apa dari pada ditahan, berabe juga jadinya. Hindari kopi dan teh, karena keduanya meningkatkan produksi urin. Mengapa harus banyak minum air putih? alasan utama adalah menurunkan resiko sakit dekompresi dengan cara menjaga plasma darah cukup cair sehingga mampu melarutkan nitrogen dalam tubuh. Jika nitrogen terlarut maka gelewmbung nitrogen tidak terbentuk dan resiko DCS dapat dikurangi. Berapa banyak harus minum? Minumlah sebanyak yang anda bisa, 8 – 10 liter per hari akan semakin bagus. Kita menyelam di daerah tropis sangat mudah kehilangan cairan tubuh.
  • Minumlah air putih walaupun anda merasa tidak haus. Dehidrasi dapat terjadi tanpa peringatan sebelumnya.
  • Jangan lupa tambahkan vitamin C atau multivitamin sebelum, selama dan setelah perjalanan. Agar badan anda tetap fit selama melakukan aktifitas.

Semoga tips di atas dapat membantu perjalanan diving anda tetap menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s