Belajar Diving di Era Multimedia

Diving merupakan kegiatan wisata yang makin banyak diminati masyarakat Indonesia. Apalagi tempat-tempatwisata diving di seluruh nusantara disiarkan oleh televisi nasional. Gebyar Sail Bunaken juga memberikan momentum bagi dunia wisata divinh Indonesia, akan kekayaan bawah laut nusantara yang sangat indah. Minat bekerja di bidang wisata divingpun mulai meningkat.

Trus, bagaimana kita memulai belajar diving…? Secara umum (tanpa membedakan Agensi) proses belajar diving di bagi menjadi tiga tahap penting namun menyenangkan. Anda bersama seorang Instruktur diving yang sudah anda pilih akan bekerja bersama-sama untuk mencapai target yang sudah ditetapkan bersama. Anda tidak dapat bekerja sendiri tanpa panduan seorang Instruktur, demikian juga Instruktur tidak dapat serta merta menyulap anda menjadi seorang penyelam handal tanpa usaha dari anda sendiri.

Tahap pertama adalah pengembangan pengetahuan dasar diving, tahap pengenalan dasar – dasar penyelaman mengenai tekanan dan daya apung, pengenalan alat dan fungsinya, tentang gas pernafasan dan pengaruhnya bagi tubuh, tentang dasar – dasar penyelaman aman (tabel penyelaman, computer diving dll). Dan biasanya tahap ini diakhir dengan ujian akhir untuk mengetahui kemampuan siswa menguasai teori – teori dasar penyelaman.

Tahap kedua, pengembangan keterampilan dasar diving, biasanya dilakukan dikolam renang atau di perairan dangkal yang tenang. Pada tahap ini anda akan belajar keterampilan dasar menyelam serta kemampuan tuntuk mengatasi setiap permasalahan yang mungkin terjadi di bawah air.

Tahap ketiga (dan terakhir) adalah tahap penyelaman di laut atau perairan terbuka. Pada tahap ini Anda akan diminta mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang sudah anda pelajarahi pada tahap pertama dan tahap kedua. Di sini akan diadakan evaluasi dari instruktur apakah anda layak mendapatkan sertifikat diving atau perlu tambahan latihan lagi.

Di era multimedia seperti sekarang ini, dimana kemajuan teknologi informasi banyak sekali memberikan kemudahan dalam belajar. Salah satunya belajar meyelam secara online atau via internet. Banyak agensi sertifikasi memberikan layanan belajar via internet. Ada yang harus bayar, ada pula yang gratis. Dengan belajar secara online, anda dapat belajar di rumah, sambil bekerja ataupun di kantor atau di mana saja sepanjang ada koneksi internet yang memadai. Anda dapat menyesuaikan kegiatan belajar dengan kegiatan sehari – hari Anda. Anda juga akan dapat menghemat waktu dengan tidak duduk di kelas untuk menonton video training selama 3 sampai 4 jam. Anda dapat melakukan nya di mana saja dan kapan saja, sebelum pertemuan dengan instruktur Anda. Anda dapat berkomunikasi via email, chat, atau jejaring social lainya. Sehingga sebelum anda bertemu dengan instruktur, anda telah melewati tahap pertama dari pelatihan diving tingkat pemula.

Mau mencoba?? Klik saja tautan (link) berikut ini: PADi eLearning

2 thoughts on “Belajar Diving di Era Multimedia

  1. Ini dia Instruktur idolaku.., sukses di akademik, karier, dan sekarang mulai merintis karir baru sebagai seorang penulis. Hebat bossss…two thumb for you. Ngemeng-ngemeng.., makasih ya ama ombak-ombaknya. wakakakaka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s