Artikel Diving

Cara Memberikan Nafas Bantuan dan CPR

CPR

Lagi asik-asik berenang, tiba-tiba ada yang tenggelam! Kamu lihat kiri – kanan, cuma ada anak kecil saja  yang lagi berenang sendirian, dan embaknya nungguin di pinggir kolam. Bahkan yang jagain kolam (lifeguard) pun gak ada. Waduh gimana ini?!

Naluri heroik kamu pun muncul, dan kamu langsung meluncur berenang untuk menolong orang tersebut dan kamu bawa ke pinggir kolam. Pas orang itu udah berhasil dikeluarin dari kolam, ternyata dia gak sadar. Wah. Kacau nih. Nah kalau ada kejadian-kejadian kayak gini, kamu sudah tahu apa yang musti dilakukan.

1. Cari Pertolongan

Kan disitu ada si embak-embak tuh, nah suruh dia buat telepon ambulans atau cari penjaga kolamnya, pasti kan dia tau apa yang musti dilakukan. Ini penting banget, jadi biarpun kamu berhasil ngasi nafas buatan dan korbannya sadar, bisa langsung dirawat lebih lanjut gitu.

2. Cek Apakah Korban Bernapas atau Tidak

Caranya adalah kamu dekatkan kuping kamu ke mulut dan hidung si korban, dengerin dan rasain apakah ada dia napas ato enggak. Kalo napas berarti dia cuma pingsan doang. Nah kalo gak napas, berarti kamu musti lanjut ke langkah selanjutnya, yaitu –

3. Buka Jalur Pernapasannya

Rubah posisi kepalanya supaya agak ngedongak dikit gitu. Tujuannya adalah supaya udara bisa lewat ke jalur pernapasannya.

4. Tiupkan Udara Ke Mulutnya

Tutup hidungnya pake jari kamu, terus hembuskan napas sebanyak 2 kali lewat mulutnya si korban. mulut kamu sama mulut dia kayak orang ciuman gitu, biar udara yang kamu hembuskan gak kemana dan masuk ke jalur pernapasan dia.

5. Berikan Tekanan Ke Dadanya

Tekan-tekan dadanya, pas di tengah-tengah di tulangnya, sebanyak 30x dengan tempo yang cepat, sekitar 100 tekanan per menit. Tekennya pake 2 tangan ya, dan tekanan kamu musti sekitar 3-4 cm ke dalam. Tapi inget jangan napsu-napsu amat juga. Pokoknya tekanannya musti kuat tapi juga lembut.

Setelah itu, kamu balik lagi ke langkah 2, cek apakah dia napas ato enggak. Kalo masih belom juga, ulangi ke langkah selanjutnya, sampai bantuan datang.

Kursus Diving

Kursus Emergency First Response

Scuba diving class practicing CPRPernahkan anda mengalami kecelakaan kecil seperti terjatuh dan berdarah? Atau anda melihat anak anda tersedak karena sibuk bicara pada saat masih makan?Tetapi anda tidak bisa melakukan apa – apa, karena anda tidak tau bagaimana cara menanganinya? Saatnya anda mengikuti program Emergency First Response (EFR). Program EFR mengajarkan anda pertolongan pertama dan CPR (Resusitasi jantung), keduanya adalah ketrampilan penting bagi siapa pun yang terlibat kecelakaan baik dalam kehidupan sehari – hari maupun dalam dalam olahraga petualangan.

Emergency First Response adalah afiliasi PADI yang mengkhususkan diri dalam mengajarkan keterampilan menyelamatkan jiwa – dan bisa dipelajari oleh siapapun, bukan hanya penyelam.

Bagian yang menyenangkan dari program ini adalah Anda belajar kemampuan tanggap darurat secara serius, dilakukan dalam lingkungan yang menyenangkan dan positif. Anda akan mendapatkan kepercayaan diri bahwa Anda siap untuk membantu dalam keadaan darurat.

Dalam program EFR ini anda akan belajar tentang:

Scuba diving training class that includes CPR

  • BLS (Basic Life Support): CPR dan pernapasan bantuan pada tingkatan orang awam
  • Penggunaan AED (automated external defibrillator)
  • Mencegah dan merawat syok
  • Penanganan cidera pada tulang belakang
  • Penggunakan pelindung untuk mengurangi risiko penularan penyakit
  • Pertolongan pertama tingkat dasar
  • Mempersiapkan perlengkapan pertolongan pertama

Melalui kombinasi belajar mandiri dan praktek keterampilan dengan instruktur, Anda akan membangun kepercayaan diri dan kemampuan untuk memberikan perawatan darurat dasar. Manual dan video EFR akan memberikan demontrasi keterampilan secara bertahap.

Primary and Secondary Care manual for scuba lessonsKartu EFR Care at a Glance adalah panduan cepat-referensi untuk situasi darurat. Dirancang untuk bisa masuk dalam laci atau ransel, Care di kartu Sekilas merupakan komponen penting untuk setiap bantuan pertama kit atau kesiapsiagaan bencana.

Prasyarat untuk mendaftar di program Tanggap Darurat Pertama, Anda harus Peduli orang lain dan ingin bisa untuk membantu mereka dalam keadaan darurat medis. Tidak ada persyaratan umur!

Anda tertarik untuk mengikuti pelatihan, hubungi kami untuk mendapatkan informasi lengkap tentang pelatihan ini.

Ingin mendapatkan penghasilan dari program ini? Jadilah Instruktur EFR. Informasi lebih lanjut hubungi kami