Oleh: imasuw | 24/11/2012

Bendera Diving

Anda pasti pernah melihat bendera kecil ini. Di setiap boat diving pasti terpasang bendera ini. Sekarang gambar ini malah terpasang di kantor pusat jasa penyelaman ataupun di pakaian seragam para pekerja diving. Kalau anda penggemar musik rock Van Halen, pada tahun 1982 grup musik ini menggunakan logo ini pada sampul album musik mereka yang berjudul Diver Down.

Apa sih bendera diving itu? Berikut ini penjelasannya:

Bendera diving atau juga disebut Diver Down Flag adalah bendera yang digunakan di permukaan air untuk menunjukkan bahwa ada seorang penyelam bawah air. Di Amerika Utara, bendera selam secara konvensional adalah berwarna merah dengan garis putih dari sudut kiri atas ke pojok kanan bawah. Secara internasional, bendera kode alfa / alpha, yang berwarna putih dan biru, digunakan untuk memberi tanda bahwa kapal memiliki seorang penyelam bawah air dan kapal lainnya harus tetap baik jelas pada kecepatan lambat.

Tujuan penggunaan bendera selam adalah untuk memberitahukan kepada kapal lain untuk menjauhi wilayah terebut untuk keselamatan penyelam dan untuk menghindari kemungkinan terjadinya tabrakan dengan kapal menyelam yang mungkin manuver mampu keluar dari jalan.

Penggunaan bendera merah putih, yang dirancang dan diperkenalkan pada tahun 1956 oleh veteran Angkatan Laut Denzel James Dockery, diwajibkan oleh hukum atau peraturan di beberapa negara bagian AS dan Kanada, juga dalam beberapa negara di dunia (misalnya Italia). Biasanya peraturan mengharuskan penyelam untuk menampilkan bendera dan tinggal dalam jarak tertentu dari itu ketika mereka berada dekat permukaan. Serta sering ada zona yang lebih besar di sekitar bendera di mana tidak ada kapal yang diizinkan untuk melintas. Beberapa negara juga melarang tampilan bendera ini ketika tidak ada diver dalam air. Bendera ini dapat ditempatkan di atas perahu atau pelampung penanda permukaan.

Bendera sinyal ALFA / ALPHA
Sebuah bendera, yang setengah berwarna putih, dan disebelah kanan berwarna biru dan memiliki potongan berbentuk segitiga ke arah dalam. Bendera “Alpha” atau “Alfa” menpunyai arti: “Saya memiliki seorang penyelam bawah; melajulah pada kecepatan lambat”

Sebagai kode sinyal maritim Internasional bendera A (huruf ALFA / ALPHA) digunakan untuk menunjukkan adanya seorang penyelam di dalam air, dan lebih umum digunakan di Eropa dan Persemakmuran Inggris, termasuk negara-negara seperti Inggris, Irlandia, Australia, Kanada, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Kenya. Hal ini juga digunakan oleh Angkatan Laut Rusia untuk tujuan yang sama.

Sebuah replika dari bendera ‘A’ diperlukan untuk ditampilkan oleh setiap kapal yang terlibat dalam kegiatan menyelam, ketika dibatasi kemampuannya untuk manuver, jika ukuran kapal membuatnya tidak praktis untuk menampilkan bentuk dan lampu yang dibutuhkan oleh Peraturan Internasional untuk Pencegahan Tubrukan di Laut.

Meskipun kehadiran bendera ‘A’ dapat memberikan perlindungan bagi para penyelam di sekitar kapal yang menampilkan bendera ini, maksud dari replika diperlukan oleh Peraturan IRPCS 27 (e) adalah untuk memperingatkan kapal-kapal lain dari bahaya tabrakan. Ini menandai perbedaan antara bendera ‘A’ dan penyelam merah dan putih bawah bendera
Other uses

Saat ini bendera merah putih sangat terkait dengan scuba diving yang juga digunakan untuk menunjukkan tempat di mana ada layanan bagi para penyelam, untuk toko misalnya menjual atau menyewakan peralatan menyelam atau menawarkan jasa scuba diving. Ini dapat dilihat pada jendela atau bumper mobil milik penyelam.

sumber: wikipedia.com

About these ads

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 285 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: